Senin, 27 Februari 2012

Review Canon Ixus 230 HS

Kamera saku digital terbaru keluaran Canon ini memiliki rentang lensa yang cukup panjang di balik tubuhnya yang ramping. 
Canon baru-baru ini meluncurkan sejumlah produk kamera saku digital terbaru di Indonesia. Sejumlah produk terbarunya yang terdiri dari PowerShot dan Ixus telah hadir ke pasaran.
Salah satunya adalah Canon Ixus 230 HS ini. Canon Ixus 230HS hadir dengan sejumlah peningkatan spesifikasi dan kinerja dibanding seri sebelumnya, termasuk juga penambahan beberapa feature baru.
Secara fisik, Canon Ixus 230 HS tergolong ramping, mirip dengan seri-seri Ixus sebelumnya. Kamera ini juga tetap mewarisi ciri khas Ixus, yaitu penggunaan bahan metal yang menutupi seluruh bagian kamera.
Saat digenggam, kamera ini tidak terasa licin, namun bagi sebagian besar orang, mungkin kamera ini terasa terlalu tipis sehingga agak sulit untuk digenggam, terutama bagi yang bertangan besar. Apalagi seri Ixus juga memang memiliki bagian depan yang lurus, tanpa tonjolan sebagai tempat memegang.  
Canon Ixus 230 HS ini hadir dengan menggunakan sensor yang mirip dengan pendahulunya, Ixus 220 HS. Resolusi foto maksimal yang mampu dihadirkan pun sama, sebesar 12 megapiksel. Namun Canon Ixus 230 HS ini lebih unggul pada beberapa bagian.
Yang pertama adalah layar yang digunakan. Canon Ixus 230 HS menggunakan layar LCD sebesar 3 inci, lebih besar dibanding pendahulunya. Selain itu, layarnya juga memiliki resolusi yang jauh lebih besar, yaitu 461 ribu piksel.
Canon Ixus 230 HS ini pun memiliki rentang lensa yang lebih panjang, yaitu 28-224 mm (ekivalen 35 mm) atau setara dengan zoom 8x. Lensa yang sudah menggunakan Image Stabilizer (IS) untuk mengurangi getaran ini pun sanggup untuk memotret makro dengan jarak hingga 3 cm saja pada posisi wide.
Kamera ini hadir dengan menu-menu yang sudah bisa hadir pada kamera-kamera saku pada umumnya. Canon Ixus 230 HS memang tidak menyediakan fungsi manual untuk mengatur diafragma dan kecepatan rana, namun sebagai gantinya tersedia berbagai macam mode yang bisa digunakan untuk berbagai situasi. Tersedia mode untuk portrait, night shot, fireworks, dan masih banyak lagi.
Selain itu, kamera ini juga menyediakan sejumlah filter untuk memberikan efek langsung ke foto seperti efek fish eye, miniature, dan toy camera. Setiap filter tersebut juga masih menyediakan beberapa variasi lagi untuk menghasilkan foto yang lebih unik.
Dari sisi kinerjanya, Canon Ixus 230 ini tergolong memiliki kinerja yang bagus. Respon kamera ini termasuk cepat saat mulai dihidupkan hingga siap mengambil gambar. Selain itu jeda antar pengambilan foto juga termasuk cepat. Kecepatan autofokusnya tergolong tinggi dan akurat.
Canon Ixus 230 HS ini menyediakan feature high speed burst untuk mengambil gambar dalam kecepatan tinggi dengan resolusi yang dibatasi maksimal 3 megapiksel. Kualitas gambarnya juga tergolong bagus.
Sensor dengan dukungan HS (High Sensitivity) ini mampu menghasilkan gambar dengan jernih dan menghasilkan noise minim pada pengaturan ISO tinggi sekali pun. Fungsi videonya pun tergolong baik dengan dukungan resolusi hingga full HD 1920 x 1080.
(Steven Irwandi)
****
Canon Ixus 230 HS ini menawarkan sejumlah peningkatan di beberapa sisi, seperti rentang lensa yang lebih panjang, dan layar yang lebih besar dan jernih. Selain itu hasil fotonya juga tergolong bagus. Sensor HS yang digunakannya menghasilkan gambar yang jernih dengan noise yang minimal.

Spesifikasi Canon Ixus 230 HS
Resolusi
12 megapiksel
Resolusi Foto (min/max)
480 x 480 / 4000 x 3000 piksel
Resolusi Video (min/max)
320 x 240 @ 30 fps / 1920 x 1080 @ 24 fps
Media Perekam
SD/SDHC/SDXC
Format File
RAW, JPEG, MOV (Video)
Ekivalen ISO
ISO 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Kecepatan shutter (detik)
15 - 1/2000
Viewfinder
-
Diagonal LCD
3 inci
Koneksi komputer
USB
Tipe baterai
Canon NB-4L
Battery charger
Ada
Dimensi (plt)
96 x 57 x 22 mm
Bobot
140 gram
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp.2.200.000,-





Lensa Panjang
Canon Ixus 230 HS dibekali dengan rentang lensa yang cukup panjang, 8x zoom.





Tombol Belakang
Tombol-tombol yang ada pada kamera ini terbilang minim dan mudah dioperasikan dengan satu tangan saja.





Layar
Canon Ixus 230 HS menggunakan layar berukuran 3 inci dengan resolsui 461 ribu piksel.



Plus
    
: Ringkas, ramping, kualitas material baik, hasil foto bagus, sensor bagus, zoom 8x
Minus : Kontrol manual minim

Skor Penilaian
-
Kinerja             : 4
- Fasilitas           : 4
- Penggunaan    : 3,75
- Harga               : 4
- Skor Total        : 3,94

0 komentar:

Posting Komentar